Strategika!

Growth Value Map Perusahaan (Perkebunan) Kelapa Sawit Indonesia: Penggambaran Value Management Masa Kini dan Masa Depan

Posted in Kelapa Sawit, Manajemen, Strategi by efendi arianto on December 29, 2007

value.jpg

Ditulis oleh Efendi Arianto pada Dec 29, 2007. Silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya.

PENTINGNYA PENGELOLAAN EKSPEKTASI NILAI PERUSAHAAN

Kapitalisasi pasar (market capitalization) yang tinggi sekarang telah menjadi sasaran penting yang ingin dicapai oleh setiap perusahaan. Kapitalisasi pasar diyakini dapat menggambarkan persepsi terhadap keberhasilan ekonomi dan dapat membantu perusahaan mencapai tujuan-tujuan strategis. Sebagai sebuah metrics untuk kinerja perusahaan, kapitalisasi pasar mencerminkan baik kondisi saat ini maupun harapan-harapan pertumbuhan di masa depan.

Pengukuran kinerja perusahaan tradisional seperti price-to-earnings ratios, market-to-book ratios dan market-value-added tidaklah secara eksplisit mencerminkan pentingnya ekspektasi pertumbuhan. Dalam kebanyakan kasus, perusahaan sering menggunakan pendekatan value-management tradisional ini dan mengabaikan kesempatan untuk tumbuh berkembang, kadang bahkan menempatkan perusahaan dalam resiko yang tinggi terhadap kelangsungan usaha jangka panjang. (more…)

Tinjauan Korelasi Harga Minyak Sawit (Crude Palm Oil) dan Harga Minyak Bumi (Crude Oil) serta Kelayakan Konversi Palm-Biodiesel

Posted in Ekonomi, Kelapa Sawit by efendi arianto on December 25, 2007

gbr0.jpg

Ditulis oleh Efendi Arianto pada Dec 25, 2007. Silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya.

Sentimen pemanfaatan minyak sawit (crude palm oil, CPO) sebagai bahan baku biodiesel telah menyebabkan permintaan terhadap CPO semakin meningkat. Hal ini terkait dengan sentimen pengunaan bahan bakar nabati sebagai dampak dari meningkatnya harga minyak bumi (crude oil), terutama di tahun 2007.

Harga CPO akan terus meningkat karena selain sentimen tentang pencarian bahan bakar alternatif termasuk biofuel berbahan baku CPO, juga karena peningkatan permintaan dari dua konsumen terbesar dunia, yakni India dan China, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di kedua negara tersebut yang saat ini mencapai 8-10 persen per tahun. (more…)

Penggambaran Strategy Canvas (Blue Ocean) dan Strategy Map (Balanced Scorecard) – Sebuah Pembelajaran Strategi dan Inovasi dari Southwest Airlines

Posted in Strategi by efendi arianto on December 10, 2007

southwest_jet.jpg

Ditulis oleh Efendi Arianto pada Dec 10, 2007. Silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya.

Membaca riwayat sukses selalu menimbulkan inspirasi. Perjalanan dan keberhasilan maskapai penerbangan Southwest Airlines dari Amerika Serikat, merupakan salah satu kisah sukses yang patut dijadikan sebagai referensi.

Dalam dunia penerbangan komersial, Southwest Airlines dikenal memiliki ciri khusus, yakni harga tiket murah. Untuk bisa menawarkan jasa penerbangan murah tersebut, ada sejumlah faktor yang menentukan, tapi yang paling kelihatan adalah, selama penerbangan tidak disediakan makanan lengkap, hanya ada kacang dan makanan kecil. Selain itu Southwest Airlines hanya mengoperasikan satu jenis pesawat, yakni Boeing 737. Kebijakan ini memungkinkan perusahaan bisa memangkas biaya perawatan dan pelatihan kru pesawat, serta menyediakan layanan yang handal.

Pilihan itu jelas sudah diperhitungkan, dan ternyata memang bisa diterima dengan baik oleh para pelanggannya. Pada kenyataannya, konsumen pesawat terbang komersial memang lebih menyukai tawaran inti dari maskapai penerbangan, yaitu harga tiket murah, penerbangan tepat waktu dan layanan yang memuaskan. (more…)

Quiet Leaders yang Memimpin Secara Diam-diam

Posted in Manajemen by efendi arianto on November 12, 2007

quietleaders.jpg

Ditulis oleh Efendi Arianto pada Nov 12, 2007. Silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya.

Berbeda dengan paparan konsep kepemimpinan yang biasanya ditampilkan secara eksplisit dan penuh determinasi, ada sebuah buku yang menyampaikan keberadaan gaya kepemimpinan dari para pemimpin yang berhasil melakukan kepemimpinannya tanpa banyak kehebohan. Buku ini berjudul “Leading Quietly” karya Joseph L. Badaracco, Jr., yang diterbitkan oleh Harvard Business School Press pada tahun 2002. Penulisnya adalah Profesor Strategi dan Manajemen di Sekolah Bisnis Harvard.

Menurut penulis buku ini, “Quiet leaders” adalah orang-orang yang realis. Mereka berupaya keras untuk melihat dunia ini apa adanya. Hal ini lebih merupakan upaya untuk memahami, lebih seperti “sixth sense”, bahwa semua kejadian dapat saja terjadi dan bisa terjadi. (more…)

Cara Download Data Saham Bursa Efek Jakarta/Indonesia melalui Yahoo! Finance

Posted in Manajemen by efendi arianto on November 12, 2007

data_saham.jpg

Ditulis oleh Efendi Arianto pada Nov 12, 2007. Silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya.

Bagi yang tertarik dengan penelitian bursa saham Indonesia, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memperoleh data yang diperlukan. Cara paling efektif tentunya adalah datang langsung ke bursa, misalnya ke Bursa Efek Indonesia (BEI), dan kemudian melalui prosedur tertentu dapat meminta data yang diinginkan.

Namun demikian, sebenarnya kita juga dapat memperolehnya melalui internet di Yahoo! Finance pada alamat http://finance.yahoo.com.

Untuk memperoleh data saham di IDX melalui Yahoo!Finance lakukan langkah-langkah berikut:

Masuk ke laman JKSE pada tautan berikut: http://finance.yahoo.com/q?s=^JKSE


Gambar 4

Untuk melihat daftar saham yang listed, klik pada “Component”, sehingga muncul daftar saham yang ada di Bursa Efek Indonesia.


Gambar 5.

Selanjutnya bisa dipilih saham yang akan di-download datanya, misalnya saham Astra Agro Lestari dengan kode “AALI.JK”, klik pada “AALI.JK” hingga muncul tampilan berikut:


Gambar 6.

Untuk melihat data historis, klik pada “Historical Price”, hingga muncul tampilan berikut:


Gambar 7.

Lakukan sortir data range, misalnya Start Date: 1 Januari 2011 dan End Date: 17 Juli 2011, untuk data harian (“Daily”), kemudian klik tombol “Get Price”, maka akan muncul data yang dikehendaki:


Gambar 8.

Pada bagian bawah sort data terdapat link untuk men-downloadnya sebagai spreadsheet:


Gambar 9.

Klik “Download to Spreadsheet”, maka data akan kita peroleh dalam format spreadsheet.


Gambar 10.

Simpan data yang diinginkan, dengan terlebih dahulu memberi nama file sesuai nama yang unik untuk identifikasi file pada saat diperlukan. Misalnya “AALI-1JAN-17JUL2011”.


Gambar 11.

File akan tersimpan dalam format CSV, yang kemudian dapat dibuka dengan program spreadsheet seperti Microsoft Excel


Gambar 12.

Beberapa tips tambahan:
Cara mencari kelompok saham tertentu, misalnya kelompok saham manufaktur, maka bisa terlebih dahulu dilihat di berbagai publikasi. Informasi ini misalnya dapat diperoleh di harian Kompas atau Bisnis Indonesia, kemudian catat kode saham-saham manufaktur tersebut yang terdiri atas empat huruf, misalnya “SMAR”. Kemudian di YahooFinance pergunakan kode-kode saham tersebut dengan menambahkan “.JK” di belakangnya, misalnya “SMAR” tercatat di YahooFinance sebagai “SMAR.JK”. Untuk data indeks komposit (IHSG) dapat dilakukan dengan mengunduh data “Composite Index JKSE”. Lihat Gambar 4, klik pada “historical price” dan lakukan proses serupa seperti contoh cara mengunduh data saham “AALI.JK” di atas.

Semoga mencerahkan …

Catatan: “Tips cara download data saham” tersebut awalnya saya peroleh dari Ibu Nurhayati Ma’mun, MSc. (Alm.), teman sekelas saya di DMB IPB. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi banyak orang.

Tagged with: , ,

Ukuran Kinerja Organisasi vs Ukuran Kinerja Pimpinan Organisasi

Posted in Manajemen by efendi arianto on November 7, 2007

mcl_mercedes.jpg

Ditulis oleh Efendi Arianto pada Nov 7, 2007. Silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya.

Salah satu kesulitan ketika kita menentukan ukuran yang dipergunakan untuk mengukur kinerja suatu organisasi adalah kerancuan antara penetapan pengukuran terhadap organisasi dengan pengukuran terhadap orang yang bertanggungjawab terhadap organisasi tersebut.

Sekalipun dalam prakteknya, keberhasilan suatu organisasi kreditnya diberikan kepada pimpinan organisasi, tetapi seyogyanya kita bisa membedakan ukuran yang dipergunakan untuk memonitor kinerja organisasi dengan ukuran yang dipergunakan untuk memonitor kinerja pimpinan organisasi.

Sebagai analogi, saya mengilustrasikan apa yang terjadi pada lomba balap Formula 1 tahun 2007, yaitu antara Mobil McLaren Mercedes dengan pembalapnya, Lewis Hamilton. (more…)

Indonesia 2050 – G7, E7, “BRIC-MIT”, N11

Posted in Ekonomi by efendi arianto on July 19, 2007

bricmit.jpg

Ditulis oleh Efendi Arianto pada Jul 19, 2007. Silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya.

Sebuah catatan tentang masa depan ekonomi Indonesia yang optimis ditulis dalam “The World in 2050-How big will the major emerging market economies get and how can the OECD compete?” oleh John Hawksworth, Head of Macroeconomics, Price Waterhouse Coopers. [klik di sini untuk download naskah asli – pdf 425kb]

Dalam tulisannya, John Hawksworth memaparkan hasil kajiannya yang berisi perbandingan proyeksi pertumbuhan negara-negara maju yang tergabung dalam G7 (US, Japan, Germany, UK, France, Italy dan Canada), ditambah dengan Spain, Australia dan South Korea, dan “the seven largest emerging market economies”, yang disebut sebagai E7 (Brazil, Russia, India, China, Mexico, Indonesia, dan Turkey), yang disingkat populer menjadi BRIC-MIT. (more…)

Tagged with: , , ,

Kritik Terhadap Implementasi Terkini dari Balanced Scorecard

Posted in Manajemen by efendi arianto on July 6, 2007

bsc-book2.jpg

Ditulis oleh Efendi Arianto pada Jul 6, 2007. Silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya.

Balanced Scorecard telah menjadi pakem baru dalam dunia manajemen, khususnya pada bidang pengukuran kinerja dan penyelarasan strategi. Hal ini dapat dilihat dari kepopuleran Balanced Scorecard yang dicoba untuk diimplementasikan di berbagai perusahaan di dunia.

Konsep awal yang dibawa oleh Kaplan dan Norton adalah mengenalkan konsepsi baru dalam penyelarasan strategi perusahaan menggunakan empat perspektif: Customer, Finansial, Internal Process dan Learning and Growth. Konsepsi yang sangat logis, apalagi ketika kemudian diangkat pada konsepsi penyelarasan strategi yang lebih tinggi dengan Strategy Map. Sebuah terobosan yang esensial tentang bagaimana mengendalikan organisasi secara efektif.

Namun demikian, saya melihat adanya euforia yang berlebihan dalam implementasi konsep Balanced Scorecard ke dalam tatanan praktis. Sama seperti euforia mengenai konsep manajemen populer seperti Business Process Re-engineering atau Six Sigma. (more…)

Analisa Ekonomi Minyak Sawit: Sisi Penawaran Malindo dan Sisi Permintaan Chindia

Posted in Ekonomi, Kelapa Sawit by efendi arianto on July 6, 2007

proses-sawit.jpg

Ditulis oleh Efendi Arianto pada Jul 6, 2007. Silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya.

Note: Malindo = Malaysia dan Indonesia, Chindia = China dan India

PENDAHULUAN

Sektor industri kelapa sawit merupakan salah satu sektor unggulan bagi negara Malaysia dan Indonesia. Hal ini dikarenakan kondisi geografis wilayah Malaysia dan Indonesia memang sangat cocok untuk pengembangan perkebunan kelapa sawit. Cerahnya prospek komoditi minyak kelapa sawit dalam perdagangan minyak nabati dunia telah mendorong pemerintah Malaysia dan Indonesia untuk memacu pengembangan areal perkebunan kelapa sawit. Hingga tahun 2005, lebih dari 85% produksi minyak dunia dihasilkan oleh dua negara produsen utama minyak sawit, yaitu Malaysia dan Indonesia.

Pengembangan perkebunan kelapa sawit di Malaysia dan Indonesia menjadi sangat berkembang pesat dikarenakan:

1. Kebutuhan minyak nabati dunia cukup besar dan akan terus meningkat, sebagai akibat jumlah penduduk maupun tingkat konsumsi per kapita yang masih rendah.

2. Di antara berbagai jenis tanaman penghasil minyak nabati, kelapa sawit tanaman dengan potensi produksi minyak tertinggi.

3. Semakin berkembangnya jenis-jenis industri hulu pabrik kelapa sawit maupun industri hilir oleokimia dan oleomakanan (oleochemical dan oleofoods), hingga industri konversi minyak sawit sebagai bahan bakar biodiesel.

Tulisan ini bermaksud untuk melihat perkembangan industri kelapa sawit di Malaysia dan Indonesia dari sisi produksi, dengan melihat sisi permintaan dari potensi pasar di China dan India yang merupakan pasar potensial bagi produk minyak sawit Malaysia dan Indonesia. (more…)

Pemanfaatan Google Earth untuk Manajemen Informasi Jaringan Perkebunan Kelapa Sawit

Posted in Kelapa Sawit, Manajemen by efendi arianto on July 5, 2007

gb0-ge-globe.jpg

Ditulis oleh Efendi Arianto pada Jul 5, 2007. Silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya.

[Versi makalah seminar dari tulisan ini telah dipresentasikan bersama Dr. Ir. Arief Daryanto, MEc., Direktur Program Manajemen dan Bisnis IPB, dalam Seminar Nasional “Bersama IT/ICT Membangun Bangsa: Aplikasi Teknologi Komunikasi dan Informasi Indonesia 2006”, di Universitas Sahid, Jakarta, pada tanggal 30 Nov 2006].

Latar Belakang

Google Earth adalah aplikasi yang dapat diperoleh secara cuma-cuma melalui http://earth.google.com. Aplikasi ini merupakan teknologi terbarukan dari digital imagery satellite image yang digabungkan dengan aplikasi sistim informasi geografis. Dengan aplikasi ini, maka kita bisa menuju kemanapun tempat di bumi ini dan merasakan efek “terbang” di layar komputer kita. Sebagaimana disampaikan dalam berbagai review mengenai Google Earth, model yang ditawarkan oleh Google Earth telah menjadi standar bagi pengembangan aplikasi dan teknologi Geographical Information System saat ini.

Sekalipun aplikasi ini dapat diperoleh secara cuma-cuma, namun aplikasi ini cukup handal dan menarik untuk dimanfaatkan baik untuk keperluan pribadi pada tingkat sederhana maupun untuk keperluan korporat yang lebih luas. Dalam aplikasi yang sederhana, kita bisa melakukan setting untuk menempatkan obyek lokasi (placemark) di suatu tempat pada Google Earth, dan kemudian dapat kita buat satu profil singkat tentang obyek lokasi tersebut. Kemudian, kita bisa menuju ke obyek lokasi dengan simulasi “terbang” dan membaca profilnya.
(more…)