Strategika!

Para Pelaku Organization Development

Posted in Manajemen by efendi arianto on December 28, 2013

86526983_XS
Sumber gambar: work.chron.com

Ditulis oleh Efendi Arianto pada Dec 28, 2013. Silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya.

Orang-orang yang melakukan Organization Development (OD), disebut sebagai Praktisi OD (OD practitioners). Mereka dapat berasal dari dua latar belakang, yaitu para Spesialis OD dan para praktisi manajemen yang menerapkan OD dalam pekerjaan mereka.

Spesialis OD

Para spesialis OD yang merupakan profesional yang menspesialisasi dan terlatih dalam bidang organization development dan area terkait lainnya, seperti perilaku organisasi, ilmu sosial terapan, komunikasi interpersonal, dan pengambilan keputusan. Para spesialis ini sering disebut sebagai konsultan OD. Mereka bisa merupakan anggota dari organisasi, praktisi internal, atau datang dari luar organisasi, praktisi eksternal.

Secara historis, program OD diterapkan di dalam suatu organisasi oleh para praktisi eksternal. Para praktisi ini biasanya individu, mungkin profesor dari suatu universitas yang menulis tentang masalah yang sama dan yang telah membantu organisasi lainnya dalam mengembangkan OD. Dalam beberapa kasus, beberapa spesialis bergabung bersama membentuk satu unit usaha kecil yang menawarkan kepakaran konsultansi. Spesialis OD masih digunakan secara intensif oleh banyak organisasi, terutama oleh manajemen tingkat atas, untuk membantu merancang dan mengimplementasikan program OD.

Program OD yang dijalankan mungkin tidak menggunakan istilah “organization development” atau “OD”, tetapi dengan menerapkan berbagai teknik, nilai-nilai dan metode dari OD. Disamping menggunakan praktisi eksternal, suatu organisasi dapat saja menggunakan team praktisi internal yang dimilikinya. Program OD dapat merupakan bagian dari human resources department, atau depatemen terpisah. Dalam beberapa kasus, program OD melapor langsung kepada CEO atau presiden direktur.

Praktisi Manajemen yang Menerapkan OD

Praktisi manajemen yang menerapkan OD adalah para manajer atau posisi kepemimpinan yang menerapkan OD dalam pekerjaan mereka. Dengan perkembangan penerapan OD, cara penerapannya di dalam organisasi juga telah berkembang. Sudah menjadi umum kita temukan berbagai orang berasal dari berbagai bagian dalam organisasi, para team leader, para supervisor, dan para manajer dari berbagai tingkatan, mempraktekkan dan menerapkan OD. Mereka mungkin mengambil konsep dan ide OD dari perkulihan di universitas atau program kepemimpinan yang diberikan oleh perusahaan. Mereka mungkin tidak menyebut apa yang mereka lakukan sebagai program OD.

Sebagaimana terlihat, kata “organization development” bukanlah kata benda, tetapi merupakan kata kerja. Itulah yang perlu disadari. OD merupakan suatu aktivitas. Para pelaku OD ini meliputi para team leader yang melakukan perencanaan perubahan, bertindak sebagai pelatih kepada team mereka, membentuk team yang efektif dan efisien, dan mengembangkan para pemimpin. Mereka bisa juga para CEO yang mengembangkan team manajemen yang efektif, sama seperti yang dilakukan oleh para team leader lakukan di pabrik. CEO juga mengelola organisasi dan merupakan praktisi OD dengan mengembangkan learning organization, mengimplementasikan program total quality management, menciptakan organisasi tanpa sekat, dan mengimplementasikan program OD.

Praktisi OD dapat didefinisikan sebagai orang yang menggunakan, memberikan advokasi, dan membantu lainnya untuk menerapkan OD. Para praktisi adalah para spesialis internal maupun eksternal yang secara profesional terlatih dalam bidang OD dan bidang terkait lainnya. Dan para praktisi adalah mereka yang menggunakan dan menerapkan OD dalam pekerjaan mereka.

Referensi:

Burnes, B (2009), Managing Change, Strategic Approach to organizational Dynamics, Fifth Ed. Pearson Ed. Ltd.

Donald, RB. and Harvey, D. (2006), An Experiential Approach to Organization Development, 7th ed, Prentice Hall.

McLean, GN. (2009), Organization Development: principles, Processes, Performance., Berrett-Koehler, Inc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: