Strategika!

Sejarah Perkembangan Organization Development

Posted in Manajemen by efendi arianto on December 24, 2013

ODsejarah
Sumber Gbr: http://www.trainingbangkok.com

Ditulis oleh Efendi Arianto pada December 24, 2013. Silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya.

Organization Development (OD) telah berkembang selama 50 tahun sejak dimulainya pemahaman dan teknik ilmu perilaku (behavioral science) untuk memecahkan permasalahan organizational. Apa yang sekarang dikenal sebagai “OD” dimulai sekitar tahun 1940an di MIT dan didasarkan pada pekerjaan awal yang dilakukan oleh ilmuwan ilmu sosial terapan seperti Kurt Lewin. Perkembangan awal OD juga dipengaruhi oleh pekerjaan para psikolog seperti Carl Rogers dan Abraham Maslow.

Istilah “organization development” dirujuk pada pekerjaan yang dilakukan oleh Robert Blake dan Jane Mouton (penemu Managerial Grid) dan Hebert Shepard (pionir OD terkemuka). Demikian pula Richard Beckhard memberikan kontribusi yang penting. Terlepas siapa yang memulai, OD kemudian berkembang di tahun 1950-an, dan secara umum berkembang dari dua kegiatan yang diprakarsai oleh Kurt Lewin pada sekitar tahun 1945, yaitu: (1) penerapan aplikasi laboratorium oleh National Training Laboratory (NTL) dan (2) metode riset survey yang ditemukan oleh The Survey Research Center.

NTL Laboratory-Training Methods

Di akhir tahun 1940an dan di awal tahun 1950an, metode laboratory-training dikembangkan dan diterapkan oleh sebuah kelompok ilmuwan perilaku di Bethel, Maine. Douglas McGregor (Theory X dan Theory Y), bekerja dengan Richard Beckhard, memulai penerapan metode laboratory-training pada industri di General Mills di tahun 1956 dan di Union Carbide di tahun 1957. Di Union Carbide, McGregor dan rekannya John Paul Jones membentuk OD group untuk pertama kalinya.

Sekitar waktu yang sama, Herbert Shepard dan Robert Blake memulai berbagai intervensi untuk menerapkan ilmu perilaku di Esso, sebagian besar menggunakan teknik laboratory-training untuk melakukan improvement terhada proses kerja. Berbagai sesi pelatihan awal ini menjadi dasar bagi Blake dan Mounton di kemudian hari untuk mengembangkan sistem training yang dikenal sebagai Managerial Grid. Keberhasilan ini mendorong penerapan upaya-upaya tersebut pada berbagai perusahaan.

Survey Research and Feedback

Sementara itu, sebuah kelompok di Survey Research Center di Universitas Michigan memulai menerapkan model penelitian tindakan (action research model) yang dikembangkan oleh Kurt Lewin. Rensis Likert dan Floyd Mann mengelola survey organisasi berskala besar di Detroit Edison Co. yang melibatkan umpan balik data secara sistematik terhadap departemen yang berpartisipasi. Mereka menggunakan apa yang disebut sebagai “interlocking series of conferences” dengan memberikan data kembali kepada top management group dan kemudian didistribusikan kembali ke bawah kepada berbagai kelompok kerja di seluruh organisasi.

Sejak saat itu, banyak organisasi kemudian menerapkan pendekatan survey feedback ini. General Motors, sebagai misal, melaporkan telah berhasil menerapkan pendekatan survey feedback model Likert ini dalam kegiatan improvement organisasi.

Secara ringkas, referensi utama dari praktek OD yang diterapkan saat ini adalah pekerjaan awal yang dilakukan di NTL (laboratory-training techniques) dan Survey Research Center (survey feedback methods). Paparan untuk melihat sejarah perkembangan ini penting karena OD relatif masih baru dan merupakan ranah ilmu yang masih terus berkembang.

Perkembangan Penerapan OD

Sejak awal, OD telah berkembang dengan cepat. Berbagai perusahaan di seluruh dunia menerapkan teknik OD. OD Network, sebuah organisasi dari orang-orang yang menerapkan OD atau memberikan advokasi tentang OD, telah berada selama lebih dari dua dasawarsa dengan jumlah anggota lebih dari 2000 orang di tahun 2005 dan terus meningkat. Berbagai organisasi di Amerika Serikat memiliki divisi profesi dalam bidang OD, seperti The National Training Laboratories, the American Psychological Associations, the American Society for Training and Development, Outward Bound, dan the Academy of Management.

Program doktoral yang memberikan spesialisasi dalam bidang OD dinamakan the Organizational Behavior Group, dimulai oleh Herbert Shepard pada tahun 1960 di tempat yang sekarang dikenal sebagai Department of Organizational Behavior di Case Western Reserve University.

Organization development adalah bidang yang menarik dan terus berkembang. Upaya-upaya OD telah tumbuh pada berbagai arah dengan berbagai pendekatan dan saat ini diterapkan pada organisasi di seluruh dunia oleh para pelaku OD yang jumlahnya juga semakin banyak.

Referensi:

Burnes, B (2009), Managing Change, Strategic Approach to organizational Dynamics, Fifth Ed. Pearson Education Limited.

Donald, RB and Harvey, D (2006), An Experiential Approach to Organization Development, 7th edition, Prentice Hall.

McLean, GN (2009), Organization Development: principles, Processes, Performance., Berrett-Koehler Publishers, Inc.

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. @absurdaus said, on March 7, 2015 at 7:19 am

    Nice info. Boleh saya share link nya?

  2. […] dan kakanda bisa membaca penggambaran sekilas tentang OD dengan meng-klik tautan berikut ini: Organisasi Development (tenang aja ini bukan spam link. Ada blog milik orang baik yang menyuarakan definisi OD lebih […]

  3. Organization Development | patriciaamanda said, on January 26, 2016 at 5:43 am

    […] actdimensi.com/mengenal-sejarah-singkat-organization-development-bagian-1-detail-11959 https://en.m.wikipedia.org/wiki/Organization_development Sejarah Perkembangan Organization Development […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: