Strategika!

Mahzab dan Aliran Strategi

Posted in Manajemen, Strategi by efendi arianto on June 11, 2011

Sumber gambar: http://www.pharmaceutical-tech.com

Ditulis oleh Efendi Arianto pada June 11, 2011. Silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya.

Perkembangan ilmu strategi dimulai ketika Igor Ansoff memeloporinya dengan menulis buku berjudul “Corporate Strategy” pada tahun 1960-an. Disiplin ilmu strategi muncul ketika disiplin ilmu manajemen tidak mampu menjawab pertanyaan menyangkut perkembangan organisasi, ketika perkembangan perusahaan telah mengarah kepada beragam produk, ketika terdapat beragam pasar dan beragam bisnis yang menembus berbagai bangsa. Perkembangan tersebut menyebabkan munculnya ilmu corporate planning, corporate strategy, business policy, hingga yang sekarang dikenal sebagai strategic management.

Ilmu Strategi dalam manajemen telah mengalami perkembangan dari masa ke masa. Dan arah perkembangannya menjadi semakin kompleks, terkait dengan tantangan yang dihadapi perusahaan dalam kaitan dengan lingkungan eksternal maupun internal perusahaan.

Secara umum, cara pandang manajemen strategi dikategorikan menjadi tiga cara pandang, yaitu:
1. Strategi berdasarkan pasar (market based strategy)
2. Strategi berdasarkan sumberdaya (resource based strategy)
3. Strategi sebagai perekat (bonding)

Henry Mintzberg menggolongkan cara pandang manajemen strategi ke dalam sepuluh mahzab, yang digolongkan dalam dua kelompok, yaitu kelompok preskriptif dan kelompok deskriptif.

Kelompok preskriptif terdiri atas kelompok desain, perencanaan dan posisi. Kelompok deskriptif, terdiri atas kelompok kewirausahaan, kognitif, pembelajaran, kekuasaan, kultur, lingkungan, dan konfigurasi.

Kesepuluh mahzab/kelompok/school tersebut dapat didefinisikan dan dielaborasi sebagai berikut:

Kelompok Desain (desain school) menjalankan pendekatan formasi sebagai proses konsepsi dengan menyesuaikan antara situasi lingkungan organisasi dengan situasi lingkungan eksternal. Strategi dirancang untuk mencari kemungkinan terbaik yang sesuai.

Kelompok Perencanaan (planning school) mengadakan pendekatan formasi strategi dengan proses formal yang diikuti dengan tahapan yang tepat dan teliti dari analisis situasi terhadap pengembangan dan eksplorasi dari berbagai skenario.

Kelompok posisi (positioning school) mempunyai pendekatan formasi strategi sebagai proses analitis dengan menempatkan bisnis dalam konteks industri dan melihat bagaimana organisasi memperbaiki posisi kompetitif dalam industri.

Kelompok Kognitif (cognitif school) memiliki pendekatan formasi strategis sebagai proses mental yang didasarkan kepada fungsi sains dan analisis, bagaimana manusia memiliki pola dan informasi proses.

Kelompok Pembelajaran (learning school) mempunyai pendekatan formasi strategi sebagai proses untuk memunculkan (emergent), di mana menajemen organisasi mempunyai perhatian penuh pada bagaimana pekerjaan dilakukan secara efektif dan efisien tanpa lembur, serta mengintegrasikan proses belajar pada keseluruhan rencana kegiatan.

Kelompok Kekuatan (power school) mempunyai pendekatan formasi strategi sebagai proses negosiasi antara pemegang kekuasaan di dalam perusahaan, dan/atau antara perusahaan dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder).

Kelompok Budaya (cultural school) mempunyai pendekatan formasi strategi sebagai proses reaktif, yaitu respon kepada tantangan yang ditentukan oleh lingkungan eksternal.

Kelompok Konfigurasi (configuration school) mempunyai pendekatan formasi strategi sebagai proses transformasi organisasi dari satu jenis struktur pengambilan keputusan kepada yang lainnya.

Referensi:

Hutabarat J. dan Huseini M. 2006. Pengantar Manajemen Strategik Kontemporer, Strategik Di Tengah Operasional. Penerbit Elexmedia Komputindo.

Mintzberg H, Quinn JB, Voyer J. 1995. The Strategy Process. Prentice-Hall, Inc.

Mintzberg H, Ahlstrand B, Lampel J. 1998. Strategy Safari. The Free Press.

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. koko said, on November 4, 2011 at 11:27 am

    Pak, setelah kita mengetahui aliran dan mazhab tersebut, apakah ada aplikasi yang bisa dijadikan guidance.
    maksudnya, utk memenangi usaha yg sedang …….. maka aliran yg cocok digunakan adalah ……
    atau setelah kita mengetahui competitor menggunakan aliran strategi ……… maka kita melawannya dg cara atau aliran …..

    mohon pencerahannya

    regrds,
    koko


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: