Strategika!

Produk Global Konten Lokal

Posted in Ekonomi, Strategi by efendi arianto on August 19, 2008


Sumber gambar: http://terresacree.org

Ditulis oleh Efendi Arianto pada Aug 19, 2008. Silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya.

Globalisasi merujuk pada tatanan sistem yang mendunia, yang melibatkan setiap negara di berbagai belahan bumi. Globalisasi menyangkut sistem ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Dengan adanya globalisasi maka suatu barang dan jasa dapat bebas masuk ke setiap negara. Setiap produsen global, tentunya akan mengupayakan produknya untuk masuk ke setiap negara, dan salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan konteks dan konten lokal.

Pada bagian berikut dicontohkan berbagai produk global yang berhasil dilokalisasi di Indonesia dengan konten dan konteks yang disesuaikan dengan selera lokal.

McDonald’s Indonesia

McDonald’s Indonesia telah banyak menawarkan paket-paket makanan yang “sangat Indonesia”. Eksperimen McDonald’s Indonesia dengan menu lokal bukan terbatas pada paket nasi. Pernah pula ditawarkan menu McSate, McRendang, McChilli, dan lain-lain. Di berbagai gerai McDonald di Indonesia, nasi telah menjadi menu yang selalu disediakan selain berbagai menu standar seperti Big Mac ataupun French Fries. Paket “Rice Eggs” yang dalam bahasa lokal adalah “Nasi telor dadar” menjadi menu yang disukai konsumen pada saat Indonesia dilanda krisis ekonomi pada beberapa waktu yang lalu. Paket nasi tergolong “paket top” di jaringan restoran waralaba McDonald’s Indonesia. Angka penjualan paket tersebut berimbang dengan cheese burger (hamburger dengan keju) dan di atas paket-paket yang lain seperti McBurger (hamburger dengan daging sapi) — Sumber: ”Paket Nasi dan Sinkretisme Kebudayaan”, Kompas, 9 April 2000.

MTV Indonesia

MTV Indonesia adalah sebuah cabang stasiun televisi musik MTV. Pertama kali ditayangkan sebagai bagian dari acara-acara TV di ANTV pada awal 1990-an, MTV Indonesia kemudian pindah siaran ke Global TV pada tahun 2003 dan mengudara selama 24 jam. Sekalipun merupakan jaringan penyiaran global, MTV menerapkan kandungan lokal dalam acara-acaranya. Di MTV Indonesia dapat dinikmati tayangan musik pop lokal dan bahkan musik lokal Dangdut. Musik Dangdut yang tadinya identik dengan kalangan kelas bawah di Indonesia telah berhasil dipopulerkan oleh MTV Indonesia menjadi musik populer di berbagai kalangan, terutama kalangan anak muda perkotaan.

Indonesian Idol

Indonesian Idol adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadopsi dari American Idol, dengan sponsor dari FremantleMedia yang bekerjasama dengan RCTI. Ajang ini merupakan pencarian idola di bidang tarik suara. Indonesian Idol telah menjadi Reality Show yang populer di Indonesia. Setelah kemunculan Indonesian Idol, banyak Reality Show lain yang ditayangkan. Indonesian Idol bertujuan mencari idola baru penyanyi Indonesia, lagu yang dinyanyikan kebanyakan adalah lagu-lagu populer yang dibuat dan sebelumnya dinyanyikan oleh para penyanyi lokal Indonesia. Mekanisme pemilihan idola ini dilakukan dengan konsep yang sama seperti yang dilakukan di Amerika, tetapi dengan konteks dan kandungan lokal Indonesia.

Majalah Asing Edisi Indonesia

Sejalan dengan perkembangan dan globalisasi media, berbagai media berbentuk majalah yang berasal dari luar negeri diadopsi untuk dicetak dan diedarkan di Indonesia dengan format lokal. Berbagai majalah dalam format global seperti majalah untuk pria dewasa (misalnya FHM dan Playboy), majalah otomotif seperti AutoBild, hingga majalah berita mingguan BusinessWeek juga masuk ke Indonesia dengan context dan content lokal. Majalah pria dewasa seperti FHM dan Playboy mengeksploitasi obyek perempuan lokal Indonesia (untuk para pembaca yang juga orang Indonesia) seperti artis Sandra Dewi dan Andara Early. Sementara itu majalah mingguan bisnis BusinessWeek menyisipkan berbagai artikel terkait dengan aktivitas bisnis di Indonesia. Demikian pula majalah AutoBild Indonesia membahas berbagai merk mobil yang beredar di Indonesia.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/McDonald%27s
http://id.wikipedia.org/wiki/MTV_Indonesia
http://id.wikipedia.org/wiki/Indonesian_Idol
http://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: