Strategika!

FFB Yield Benchmarking: Implementasi Management by Facts dalam Pengelolaan Perkebunan Kelapa Sawit

Posted in Kelapa Sawit, Manajemen by efendi arianto on July 5, 2007

kelapa_sawit.jpg

Ditulis oleh Efendi Arianto pada Jul 5, 2007. Silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya.

Yield benchmarking adalah suatu alat manajemen agronomi yang dapat diterapkan di perkebunan kelapa sawit. Alat ini memperbandingkan kinerja panen suatu blok dengan blok-blok lainnya, sehingga dapat diidentifikasi blok-blok mana saja yang kinerjanya tidak bagus.

Secara teknis pembandingan kinerja blok ini didasarkan atas faktor-faktor yang mempengaruhi panen seperti kelas kesesuaian lahan, jenis bibit dan umur tanaman. Faktor lainnya yang juga dipertimbangkan adalah potensi panen.

Dalam bahasa yang sederhana, blok-blok yang kinerjanya bagus dikenal sebagai “Green Block”, sedangkan blok-blok yang kinerjanya kurang bagus dikenal sebagai “Red Block”.

Dalam pemahaman sistim, Red Block merupakan blok-blok yang perlu mendapatkan perhatian dari manajemen karena kinerjanya yang relatif tidak sebagus blok-blok yang lainnya. Namun dalam kenyataannya, seringkali munculnya Red Block ini dirasakan seperti sebuah hukuman selayaknya angka merah yang ada dalam rapot sekolah. Padahal, semestinya keberadaan Red Block dilihat sebagai alat yang membantu manajemen kebun untuk mengkonsentrasikan perhatiannya ke blok-blok tertentu saja.

Secara sederhana, dalam lingkup satu Divisi dalam kebun, akan terdapat sekitar 30-an blok yang masing-masing mempunyai luasan 30-an Ha. Dalam satu kebun secara total akan memiliki sekitar 100-an blok dengan total hektar sekitar 3000-4000 Ha. Dengan skala luasan kebun yang demikian, maka tidaklah mudah bagi seorang manager kebun untuk dapat memantau keseluruhan areal luasan kebunnya.

Karena itu seorang manager kebun seharusnya hanya perlu memusatkan perhatian kepada sebagian saja dari seluruh areal kebunnya, tidak perlu seluruhnya. Dengan demikian konsentrasinya akan lebih fokus, dan action plan untuk memperbaiki blok-blok yang bermasalah tersebut dapat dilakukan dengan lebih fokus juga.

Ketika seorang Estate Manager ingin melihat kinerja blok-blok yang kinerjanya tidak bagus, maka dia bisa saja membuat suatu pedoman, bahwa dia hanya akan melihat 25% blok dengan kinerja paling tidak memuaskan dari seluruh blok yang ada. Maka dengan demikian dia hanya perlu memusatkan perhatiannya pada ke 25% dari seluruh blok yang ada di kebunnya.

Demikian pula bagi seorang Regional Controller (RC) yang membawahi 4-5 kebun dalam satu wilayahnya; jelas akan sulit untuk memantau kinerja seluruh blok yang ada dalam wilayah pantauan kerjanya. Utuk itu dia seharusnya mempunyai alat yang dapat membantu untuk berkonsentrasi ke beberapa wilayah tertentu dari seluruh areal yang ada di bawah pengawasannya.

Karena itu, tentunya bagi seorang manager kebun ataupun Regional Controller, keberadaan suatu alat bantu yang dapat membantu mengidentifikasi blok-blok yang memerlukan perhatian lebih akan sangat membantu dalam manajemen kebun sehari-hari.

Dalam kedua model benchmarking tersebut dikenal istilah pewarnaan blok dari merah, kuning dan hijau. Merah menunjukkan kinerja paling rendah, sementara hijau menunjukkan kinerja paling tinggi.

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. wintraderz said, on October 8, 2009 at 6:16 pm

    jadi blok yang kinerjanya buruk akan semakin tertinggal?

  2. yusuf said, on October 11, 2009 at 7:58 pm

    untuk melengkapi kebutuhan sarana bagi kelengkapan perkebunan kelapa sawit kami dari asosiasi tani organik nusantara (astonusa) menawarkan produk baru berupa jaring pengaman buah kelapa sawit yang bisa digunakan saat pemanenan agar buah tidak jatuh ketanah sehingga tetap terjaga kualitas buah atau sebagai pengaman hasil panen yaitu sebagai penutup bak truk yang mengangkut hasil panen sehingga memungkinkan hasil panen tidak terjatuh saat diperjalanan. ahmadyusuf81@gmail.com. 0285 797 2992 / 085640835825

  3. h0404055 said, on April 7, 2010 at 2:50 pm

    makasih informasinya
    silahkan kunjungi BLOG kami http://h0404055.wordpress.com
    Terdapat artikel yang menarik dan bermanfaat, Apabila berkenan tolong dikasih komentar
    Salam kenal dan Terima kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: