Strategika!

Mengajar adalah Belajar dan Memimpin

Posted in Manajemen by efendi arianto on June 27, 2007

[dikutip dari “How to Become CEO” / Jeffrey J. Fox]

Ambillah setiap kesempatan untuk melakukan presentasi pelatihan di perusahaan Anda. Apapun posisi Anda, Anda dapat meningkatkan kinerja perusahaan dengan mengajari orang lain tentang apa yang Anda lakukan (dan apa yang dilakukan staf Anda), alasan Anda melakukannya, cara Anda melakukannya, dan segala hal yang berkaitan dengan tanggungjawab Anda. Jika Anda berada di bawah naungan bagian keuangan atau hubungan tenaga kerja, ajarilah karyawan penjualan baru tentang semua itu. Jika Anda bertanggungjawab untuk iklan atau penelitian pasar, ajarilah karyawan manufaktur mengenai detail iklan televisi dan mendesain angket pelanggan.

Jika Anda harus mengajar, Anda akan mempersiapkan presentasi Anda. Persiapan Anda membutuhkan pekerjaan rumah, keteraturan, sintesa, dan praktek. Studi dan disiplin ilmu yang diperlukan akan membantu Anda menguasai dan menambah pengetahuan Anda. Anda juga akan akrab dengan banyak karyawan dari bidang lain dalam perusahaan. Anda dapat membina lingkaran pengaruh yang cukup kuat.

Mengajar akan meningkatkan kemampuan Anda dalam mengartikulasikan pentingnya tanggung jawab Anda bagi perusahaan. Dan saat itu, pendengar akan percaya bahwa Anda adalah sosok penting perusahaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: