Strategika!

Berhenti, Lihat, dan Dengarkan …

Posted in Manajemen by efendi arianto on June 27, 2007

[dikutip dari “How to Become CEO” / Jeffrey J. Fox]

Para CEO harus bercermin. Mereka tak hanya berkarya menggunakan lidahnya. Mereka berpikir, mempertimbangkan, menghayati, mengamati, membuktikan, dan mendengarkan. Mereka berhenti dan mengobservasi. mereka berhenti sebelum mengatakan hal yang keliru. Mereka berhenti sebelum membuat keputusan yang mentah. Mereka berhenti sebelum mengirimkan surat yang bernada ejekan. Dan mereka pun kembali melihat dan mendengarkan.

Untuk menjadi seorang CEO, Anda harus dapat menguasai seni dan kemampuan untuk berhenti, melihat, dan mendengar. Mendengarkan itu sangat sulit, terutama bagi orang yang cerdas, agresif, dan enerjik. Anda harus melatih diri sendiri untuk selalu dapat menerima dengan penuh kesadaran. Anda harus mendengar suara yang tak terucapkan, seperti Sherlock Holmes yang dapat mendengar suara anjing yang tidak menyalak.

Anda harus mendengar yang sedang dikatakan oleh mata, tangan, dan kerut di dahi. Anda seharusnya mendengar ucapan para pelanggan, para pemasang produk, para supervisor, para kolega, orang yang bukan pelanggan, para sales, para pesaing, dan setiap orang.

Pendengaran itu dapat dipelajari dan dilatih. Bila seseorang sedang berbicara, hentikan apa yang sedang anda lakukan. Pandanglah orang itu dan dengarkan. Para pendengar yang baik dianggap sebagai pembicara besar. Kesediaan untuk mendengar itu disamakan dengan kearifan dan kepandaian.

Karenanya, dengar, dengar dan dengarkan!

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. dewo said, on July 22, 2007 at 11:45 am

    Iya benar. Stuju banget.
    Salam.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: